Gejala Penyakit Dibetes Melitus

Gejala awal penyakit diabetes melitus

Gejala awal penyakit diabetes melitus

Gejala penyakit diabetes melitus – Kebanyakan orang yang tak sadar bahwa dirinya terkena penyakit diabetes melitus atau penyakit kencing manis, pada saat datang berobat ternyata diabetes sudah parah bahkan disertai dengan komplikasi. Hal ini terjadi karena mereka tidak dapat mengenali dengan baik apa saja gejala diabetes melitus di awal mulanya penyakit itu. Hal ini jangan sampai terjadi lagi. Oleh sebab itu, kita harus waspada dan mengamati setiap yang terjadi pada tubuh kita, dalam hal ini mengenai gejala awal diabetes melitus. Karena penanganan di awal akan memberikan hasil terbaik jika dibandingkan ketika sudah parah atau bahkan sudah muncul berbagai komplikasi seperti stroke, gagal ginjal, luka dikaki (Gangren diabetik), kebutaan, darah tinggi, dan sebagainya

Dalam beberapa kasus mengenali awal gejala penyakit diabetes melitus memang sulit karena begitu ringannya gejala yang muncul hingga tak disadari. Bahkan, berdasarkan penelitian sekitar sepertiga dari semua orang yang memiliki gejala diabetes melitus tipe 2 tidak tahu bahwa mereka memilikinya. Ini yang akan mempersulit dalam dan pengendalian penyakit kencing manis.

Gejala penyakit diabetes melitus

Banyak kencing

Suatu kondisi dimana seseorang sering buang air kecil dengan volume yang banyak pula. Mungkin kita berpikir bahwa wajar saja ketika banyak minum ya banyak kencing. Tapi gejala diabetes melitus ini ada yang khas yaitu keinginan buang air kecil sering muncul di malam hari saat tidur bahkan dalam semalam bisa 5-6 kali terbangun karena ingin buang air kecil.

Banyak minum

Suatu kondisi dimana seseorang sering sekali merasa haus sehingga terdorong untuk minum banyak. Bahkan ketika cuaca tidak panas dan tubuh tidak berkeringat.

Banyak makan

Gejala diabetes yang satu ini akan membuat seseorang menjadi mudah merasa lapar sehingga akan pemicunya untuk banyak makan. Meskipun banyak makan tapi tenaganya kurang sehingga cendrung lemah dan lemas. Bagaimana hal ini bisa terjadi? Pada penyakit diabetes melitus , insulin bermasalah, gula tetap tinggi dalam aliran darah lantaran tidak dapat masuk ke sel-sel tubuh yang  sebenarnya akan dijadikan sebagai sumber energi. Jadi, otak kita akan mengira bahwa sel-sel tubuh kelaparan sehingga akan timbul rasa lapar dan selalu ingin makan.

Gejala tambahan penyakit diabetes melitus

  • Penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan,
  • meskipun banyak makan karena terus merasa lapar.
  • Mulut kering
  • Kelelahan (lemah, perasaan lelah)
  • Penglihatan kabur
  • Sakit kepala
  • Merasa kebas atau mati rasa bahkan kesemutan di ujung-ujung jari kaki atau tangan

Jika anda mempunyai gejala seperti yang disebutkan diatas, segeralah periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut, sehingga dengan penanganan yang tepat akan terhindar dari resiko komplikasi akibat diabetes melitus ini.

 Gejala penyakit diabetes melitus