Kopi : Baik atau tidak untuk Kesehatan?

Manfaat dalam secangkir kopi

Manfaat dalam secangkir kopi

Manfaat kopi – Untuk saat ini manfaat kopi untuk kesehatan masih cukup kontroversial tergantung pada siapa Anda bertanya. Mungkin anda pernah mendengar, sebenarnya ada banyak hal yang baik yang bisa didapatkan dari kopi. Sebagai contoh, adalah tingginya antioksidan dan terkait dengan penurunan risiko berbagai penyakit. Namun dibalik itu semua, kopi mengandung kafein, yaitu stimulan yang dapat menyebabkan masalah pada beberapa orang dan bisa menyebabkan gangguan tidur. Maka dari itu kami akan memberikan sedikit informasi tentang kopi, baik efek baik dan buruknya.

Kopi Mengandung Beberapa Nutrisi Esensial dan Sangat Tinggi di Antioksidan. Dalam kopi banyak nutrisi dalam biji kopi yang membuatnya menjadi minuman.

Dalam secangkir kopi (240 ml) secangkir kopi mengandung :

Vitamin B2 (Riboflavin): 11%
Vitamin B5 (Asam pantotenat): 6%
Vitamin B1 (Thiamin): 2%
Vitamin B3 (Niacin): 2%
Folat: 1%
Mangan: 3%
Kalium: 3%
Magnesium: 2%
Fosfor: 1%

Kopi Mengandung Kafein

Kafein yang terkandung didalam kopi bermanfaat meningkatkan fungsi otak dan meningkatkan metabolisme. Kafein adalah zat psikoaktif yang paling umum dikonsumsi di seluruh dunia. Soft drink, teh dan cokelat semua mengandung kafein, tapi kandungan kafein terbesar hanya di kopi.

Kandungan kafein dari secangkir tunggal dapat berkisar 30-300 mg. Kafein adalah stimulan yang terdapat di otak, yang memblok fungsi neurotransmitter inhibisi (hormon otak) yang disebut Adenosin. Dengan menghalangi adenosine, kafein justru meningkatkan aktivitas di otak yang melepaskan neurotransmiter lain seperti norepinefrin dan dopamin. Hal ini akan mengurangi kelelahan dan membuat kita merasa lebih waspada dan terjaga. Kafein juga bisa meningkatkan fungsi koqnitif umum seperti meningkatkan mood suasana hati. Kafein meningkatkan metabolisme dengan membakar kalori sehingga stamina akan bertambah. Dan masih banyak manfaat kopi lainnya.

Manfaat kopi bila dikonsumsi secara tidak berlebihan antara lain :

  • Meningkatkan fungsi daya ingat dan mencegah kepikunan. Studi kasus lain menerangkan bahwa seperti resiko penyakit Parkinson, Alzaimer dan Dimensia akan menurun
  • Mengurangi faktor resiko Diabetes mellitus. Tentunya dengan mengurangi asupan gula tebu
  • Mengurangi resiko penyakit hati (liver). Meminum secara teratur akan mengurangi resiko penyakit Chirosis Hepatis dan kanker hati
  • Mengurangi kecemasan dan memberi efek tenang (rileks) dan meningkatkan konsentrasi
  • Peminum kopi teratur akan mendapatkan umur panjang. Dari penelitian di jurnal New England Journal Medicine 2012 menyimpulkan bahwa rata rata peminum kopi dari 400.000 sampel, bisa mencapai umur 50- 71 tahun. Dalam penelitian ini selama 12 tahun setiap peminum kopi akan menurunkan resiko kematian.
Menurunkan angka kematian

Menurunkan angka kematian

 Efek buruk mengkonsumsi kopi secara berlebihan antara lain :

  • Menyebabkan gangguan tidur. Kurangnya istirahat akan menyebabkan penyakit kardiovaskuler meliputi jantung dan pembuluh darah.
  • Bagi yang mempunyai riwayat tensi tinggi / hipertensi meminum kopi akan membuat detak jantung meningkat dan serangan jantung koroner
  • Bagi penderita kencing manis, bila mengkonsumsi gula didalam kopi secara berlebihan akan mengakibatkan hiperglikemi (kadar gula darah tinggi). yaitu ditandai dengan keringat dingin bahkan kesadaran menurun
  • Bagi wanita hamil akan mengakibatkan tekanan darah meningkat dan gangguan janin

Kenali penyakit anda dan deteksi dini secara berkala agar bisa meningkatkan kewaspadaan di masa mendatang. Jadi apakah anda akan minum kopi?