Manfaat Jus Buah Alpukat

Manfaat  jus buah alpukat

Manfaat jus buah alpukat

Manfaat jus buah alpukat – Bagi anda yang biasa melakukan diet kesehatan, tentunya sudah tidak asing lagi dengan buah berwarna hijau ini. Alpokat, atau yang dikenal sebagai avokad, avocado, dan nama ilmiahnya adalah Persea Americana. Alpukat bisa tumbuh subur dalam negara tropis ataupun sub tropis. Mudah dibudidaya dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dibalik itu semua terdapat manfaat yang sangat besar yang terkandung didalam buah alpukat. Jika anda seorang yang menjaga kesehatan dan sedang menjalankan diet sehat, cobalah untuk membuat olahan dari buah alpukat ini. Kandungan dari buah alpukat antara lain serat nabati, lemak 6,5%, vitamin A, vitamin C, vitamin B, vitamin E, phospor, zodium, dan beberapa zat besi.
Alpukat merupakan buah yang bermanfaat bagi kesehatan yaitu mengandung kadar lemak baik tinggi. Kadar lemak tersebut merupakan lemak tak jenuh tunggal oleat yang lazim disebut dengan omega-9. Lemak ini mampu menurunkan kadar lemak jahat di dalam tubuh atau LDL (Low Dencity Lipoprotein). Lemak yang terkandung di buah alpukat merupakan lemak baik yang dapat menekan kadar lemak jahat dalam tubuh. Selain mengkonsumsi buah alpukat kita juga sebaiknya menghindari dan membatasi lemak jenuh dalam tubuh kita, dengan cara menghidari makanan bersantan, gorengan, daging berlemak, dan kuah gajih. Efektivitas alpukat dalam menurunkan kadar kolesterol jahat juga dipacu dan dibarengi dengan konsumsi serat tinggi. Serat yang larut dalam buah alpukat akan menyerap kelebihan kolesterol jahat dan membuangnya bersama sampah makanan.

Kandungan buah alpukat dalam ukuran sedang :

  • Serat nabati sebanyak 10 gram. Dengan memakan satu buah alpukat akan mencukupi 40% kebutuhan serat per hari
  • 548 mg kalium. 15% lebih tinggi kadar kalium alpukat daripada 1 buah pisang. Fungsi kalium yaitu dapat meredakan tekanan darah tinggi, mengurangi resiko penyakit jantung koroner dan memperbaiki sistim saraf

Alpukat merupakan kombinasi baik antara serat, kandungan lemak baik, kalium. Manfaat jus buah alpukat yaitu mampu mencegah serangan jantung akibat tekanan darah tinggi dan kelebihan kolesterol dalam darah, khususnya stroke dan penyakit jantung. Pada penderita diabetes mellitus atau kencing manis pun dapat memetik manfaat dari buah alpukat karena dapat menekan terjadinya komplikasi yang ditimbulakan dari Diabetes itu sendiri.
Karena kaya akan lemak baik, alpukat sering diasumsikan sebagai penyebab kegemukan. PADAHAL ITU TIDAK BENAR. Itu terjadi bila makanan yang kita konsumsi sehari hari syarat akan kalori dan lemak, jangankan makan alpukat, makanan yang lain pun bisa menambah berat badan bila makanan kita kelebihan kalori.
Bagi anda yang mengedepankan kecantikan sebaiknya merawat diri sedini mungkin agar menghambat penuaan dini. Buah ini sering dikonsumsi dan diolah sebagai jus karena bila dimakan secara langsung akan terasa pahit dan getar. Saat mengolahnya menjadi jus alpukat bisa di gunakan coklat cair atau gula sebagai pemanis. Pengolahan dengan di jus dan dicampur es batu akan menambah nikmat untuk diminum tentunya akan membantu pencernaan. Kandungan dari alpukat yang paling banyak adalah air dan serat, yang berguna dalam pengeluaran kotoran sehingga resiko konstipasi atau sembelit akan menurun. Marilah kita simak ulasan manfaat jus buah alpukat untuk kecantikan berikut ini.

Manfaat jus buah alpukat untuk kecantikan

1. Bijinya digunakan sebagai pewarna pakaian
2. Bijinya mengobati sakit gigi
3. Buahnya digunakan sebagai obat sariawan dan panas dalam
4. Memperlancar buang air besar
5. Memperhalus kulit
6. Mengencangkan kulit
7. Buahnya bila dibuat masker wajah bisa mengangkat kulit berminyak
8. Menghindari terbentuknya jerawat dan komedo

Semoga bermanfaat, jangan lupa share di media sosial. Demikianlah ulasan tentang Manfaat jus buah alpukat