Mengenal Brain Gym

Brain Gym

Brain Gym

Bagi sebagian orang, berolahraga seringkali menjadi hal merepotkan dan membosankan, sehingga Anda pun mungkin termasuk orang yang malas berolahraga. Namun berbeda halnya dengan brain gym (senam otak). Olahraga yang satu ini dipastikan tidak akan merepotkan, bahkan cenderung menyenangkan untuk dilakukan.

Brain gym merupakan suatu rangkaian gerakan yang disusun sedemikian rupa untuk mengoptimalisasi kemampuan otak individu. Brain gym dipelopori oleh Paul Dennison dengan tujuan untuk mengatasi kesulitan belajar. Menurut penelitiannya, anak-anak yang suka bergerak dan aktif bermain, saraf otaknya cenderung berkembang lebih pesat.

Tidak sembarang gerakan yang dilakukan untuk dapat mengoptimalkan saraf otak. Kemudian Paul Dennison membuat serangkaian gerakan khusus yang secara terpadu dapat menstimulasi perkembangan saraf otak. Amerika merupakan negara asal pencetus brain gym, sehingga banyak masyarakatnya yang sudah melakukan brain gym dan merasakan manfaatnya.

Brain gym dapat dilakukan oleh para manula untuk mencegah kepikunan, maupun membantu pemulihan bagi para penderita stroke. Brain gym termasuk kegiatan yang fleksibel, karena dapat dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Mulai dari bayi berusia 4 bulan hingga manula, bisa melakukan brain gym untuk mendapatkan manfaat yang disesuaikan dengan kebutuhannya masing-masing.

Secara umum, brain gym bermanfaat untuk meningkatkan konsentrasi serta menajamkan daya ingat. Brain gym sangat bermanfaat bagi anak-anak diantaranya untuk membantu mereka yang memiliki masalah gangguan belajar, sekaligus sebagai salah satu perantara yang mengintegrasikan seluruh terapi yang telah dilakukan oleh anak-anak berkebutuhan khusus.
Sebelum memulai gerakan brain gym, Anda bisa meminum air putih terlebih dahulu. Kemudian salah satu contoh gerakannya, Anda bisa melakukan gerakan yang berfungsi untuk memperjelas pendengaran dengan cara memijat daun telinga secara perlahan dari arah luar ke dalam maupun dengan arah sebaliknya. Anda pun bisa langsung merasakan perubahannya.

Add a Comment

Your email address will not be published.