Mengenal Lebih Dekat Penyakit Alergi

Alergi

Alergi

Memang tidak nyaman bila kita mempunyai penyakit alergi. Banyak sekali penderita alergi yang terganggu dengan keadaannya ini terutama dalam pekerjaannya. Kenapa bisa timbul alergi? Alergi adalah suatu keadaan dimana tubuh tidak tahan dengan bahan alergi atau zat zat pencetus alergi yang disebut alergen sehingga menimbulkan reaksi .

Alergi ini timbul karena memang sudah diturunkan dari ayah atau ibu secara genetis. Jadi alergi ini disebut juga penyakit keturunan. Apabila anda mempunyai penyakit alergi coba ditelusuri diantara ayah, ibu atau saudara kandung ayah atau ibu, apakah ada yang mempunyai penyakit alergi.

Yang sering menjadi pertanyaan adalah ayah atau ibu atau saudara kandung ayah atau ibu tidak ada yang menderita asthma, kenapa dia bisa mempunyai penyakit asthma? Disini yang menjadi poin penting bukan bentuk alerginya (karena asthma adalah salah satu bentuk penyakit alergi) tetapi adalah alerginya sendiri yang menurun, jadi intinya alergi pasti menurun tetapi bentuknya atau manifestasi bisa bermacam-macam.

Ada beberapa bentuk penyakit alergi yang bisa timbul :

Urtikaria
Alergi ini timbul pada kulit dan bentuknya bisa berupa bentol bentol yang disertai rasa gatal.

Rhinitis Alergi
Alergi ini timbul pada hidung juga sinus yang menimbulkan gejala pilek atau bersin bersin.

Asthma Bronchiale
Alergi ini timbul pada saluran nafas dengan gejala batuk-batuk yang disertai sesak nafas atau nafas yang berbunyi.

Apakah bisa sembuh? Bagaimana cara mengatasinya?

Memang bila salah satu orang tua ada yang menderita penyakit alergi, agak susah bagi anaknya untuk tidak mendapat penyakit ini karena memang sifatnya yang diturunkan secara genetis. Tetapi penyakit ini masih bisa diatasi dengan cara-cara yang cukup rasional.

Pertama-tama, harus dikenali dulu secara pasti apa yang menjadi pencetus alerginya atau alergennya. Bila anda merasa kesulitan untuk mengidentifikasinya, bisa dengan melakukan tes alergi yang bisa dilakukan dengan dokter yang ahli penyakit alergi atau bisa juga pada laboratorium terdekat yang mempunyai pemeriksaan alergi. Tes alergi yang biasanya dilakukan adalah dengan menusukan ke kulit beberapa alergen atau juga bisa dengan memeriksa kadar Imunoglobulin E dalam darah.

Setelah tahu apa saja bahan alergen yang menyebabkan alergi pada tubuh, Hindarilah sebisa mungkin karena alergi ini muncul karena ada kontak atau paparan dengan bahan alergen tersebut. Sehingga setidaknya alergi bisa dicegah munculnya atau dikurangi timbulnya.

Apabila dengan menghindari tadi masih belum bisa mengatasi gejala alergi yang timbul, maka tidak ada jalan lain selain dengan mengobatinya. Yaitu dengan obat anti alergi yang sifatnya menekan gejala alergi tersebut, sehingga gejala-gejala alergi itu akan reda atau tenggelam.

Untuk menyembuhkan alergi, saat ini hanya bisa dengan Imunoterapi. Cara ini mirip dengan Imunisasi tetapi yang dimasukkan kedalam tubuh adalah alergennya sendiri yang sudah diekstrak dan disuntikkan kedalam tubuh, diharapkan tubuh akan mengenali jenis alergen ini dan menjadi kebal terhadap alergen yang bersangkutan.

Cara ini cukup efektif sekali dan kekebalan yang timbul terhadap alergen tadi dapat bertahan selama 2-6 tahun.

Add a Comment

Your email address will not be published.