Obat Gatal Gatal Pada Kulit

Gatal gatal pada kulit

Gatal gatal pada kulit

Obat Gatal Gatal Pada Kulit – Gatal merupakan penyakit kulit yang sangat mengganggu. Bentuknya bermacam macam ada yang disebabkan oleh alergi bahan kimia, alergi makanan, sengatan racun binatang, terpapar sinar matahari, alergi tumbuhan, alergi obat, atau penyakit penyakit tertentu. Gatal adalah perasaan tidak nyaman yang membuat orang reflek untuk menggaruk, tindakan inilah yang menyebabkan kulit menjadi merah dan bahkan menjadi luka yang di sebabkan oleh iritasi. Meskipun gatal itu bukanlah suatu penyakit yang mengkhawatirkan. Tapi jika di biarkan akan mengalami masalah yang lebih serius seperti luka garukan akan menjadi infeksi, bakteri dan virus menjadi mudah masuk sehingga menyebabkan timbulnya nanah. Hal inilah yang bisa masuk kebagian tubuh dan bersifat sistemik dan akan berakibat fatal dan menimbulkan kematian. Sebelum kita memilih obat gatal gatal pada kulit kenali dulu jenis gatalnya.

Jenis jenis gatal pada kulit

Gatal Akut
Rasa gatal yang muncul kurang dari 6 minggu. Gatal akut bisa terjadi karena alergi obat-obatan, gigitan serangga, dan penyakit internal lainnya.

Gatal Kronis
Rasa gatal yang melebihi dari 6 minggu. Penyebab gatal kronis sulit untuk diidentifikasi, jenis gatal ini kadang memicu timbulnya penyakit dalam, seperti sulit bernafas, muntah, dan diare.

Gatal alergi
Gatal ini terjadi karena kondisi fisik terhadap allergen. Misalnya cuaca dingin, panas, pancaran sinar matahari, dan keringat berlebih

Contoh gambar gatal gatal di kulit akibat alergi

Contoh gambar gatal gatal di kulit akibat alergi

Cara mengobati gatal pada kulit

  1. Tentukan gatal dari penyebab yang diatas, Penyakit alergi hanya bisa diobati dengan menghindari alergi, obat minum hanya merdakan gejala saja
  2. Pemberian bedak dikulit. Bedak dikulit sebatas pengeringan permukaan kulit dan menghilangkan bulu binatang seperti ulat bulu
  3. Pemberian mandi air hangat
  4. Periksa ke dokter, dan dilakukan beberapa tes skrinning kulit guna untuk mencari apa yang menjadi penyebab sesungguhnya. Dokter kebanyakan akan memberikan obat anti histamin jika alergi dan akan memberikan anti jamur bila disebabkan oleh jamur kulit.

Jika obat yang diberikan dokter hanya sementara dan gatal tak kunjung sembuh maka dokter akan merujuk untuk melakukan test alergi di laboratorium.
Obat Gatal Gatal Pada Kulit