Penyakit Amnesia

Gejala Amnesia

Gejala Amnesia

AmnesiaGangguan amnesia adalah suatu gangguan daya ingat yang ditandai dengan adanya gangguan kemampuan mempelajari hal hal baru atau mengingat hal hal yang telah dipelajari sebelumnya serta menimbulkan hambatan pada fungsi sosial dan pekerjaan.
Amnesia dibedakan dari gangguan disosiatif yaitu dengan adanya riwayat seperti trauma (benturan)) dikepala ataupun bisa disebabkan oleh keracunan karbon monoksida (CO)

Penyebab amnesia antara lain :

  1. Trauma kepala terutama cidera kepala bagian hemisfer kiri
  2. Hipoglikemia atau kekurangan gula darah berat
  3. Kekurangan tiamin biasanya dari syndroma Korsakoff
  4. Tumor otak
  5. Sering kejang
  6. Bisa disebabkan penyakit Herpes Simpleks
  7. Penggunaan obat obatan alkohol, neurotoksin, narkoba dan lain lain

Gejala penyakit amnesia

Gejala utamanya adalah ketidak mampuan mempelajari hal hal yang baru dan hal hal yang sudah dipelajari sebelumnya. Daya ingat jangka pendek terganggu, bahkan jika amnesia berat orientasi waktu dan tempat juga terganggu. Namun orientasi terhadap orang yang dikenalnya jarang sekali terganggu dan masih bisa mengenali orang yang tiap hari bertemu. Daya ingat jangka panjang akan terganggu misalnya ingatan waktu  masih  kecil. Gejala amnesia penyerta lainnya adalah perubahan kepribadian, apatis, kurang inisiatif, dan kebingungan. Bahkan pasien tidak menyadari bahwa dia menderita sakit ingatan (tilikan buruk)

Penanganan penyakit amnesia

Pendekatan bersifat suportif dan perhatian khusus dari orang orang terdekatnya, yang berkaitan dengan waktu, tempat akan sangat membantu mengurangi kecemasan. Bila perlu pengobatan berkenaan dengan gangguan cemas dan konsultasi dengan psikiater