Perbedaan Herpes zoster dan Herpes simpleks

Varian HerpesDefinisi

Herpes zoster adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus varicella (cacar air) yang kembali timbul dalam bentuk berbeda. atau biasa di sebut juga dengan cacar ular. Setiap orang yang pernah terkena cacar air maka virus tersebut akan selalu ada di dalam tubuh. Virus varicella tersebut menjadi aktif kembali apabila daya tahan tubuh  menurun. Di saat virus tersebut tidak aktif atau biasa di sebut dormant, virus ini menempel di jaringan perifer syaraf dan menetap menjadi tidak aktif. Pada keadaan imun tubuh menurun, virus ini muncul kembali dan menyebabkan kemerahan atau ruam pada daerah kulit yang di lalui oleh virus tersebut.

Herpes zoster

Gejala dan Tanda

Ciri yang terjadi pada penyakit herpes zoster adalah timbul kemerahan pada kulit yang terasa panas seperti terbakar atau seperti terkena air cabai, ciri dari kelainan kulit adalah dengan adanya cairan di dalam kulit seperti cacar namun hanya terpusat disatu daerah seperti di gambar yang kita sebut sebagai blister, blister yang berisi cairan akan pecah dan mengering membentuk seperti lapiran keras pada kulit, yang akan mengelupas dalam waktu 2-3 minggu. Kemerahan pada kulit tersebut biasanya berada pada bagian pundak belakang dan memutar ke arah depan dada sampai ke daerah perut atau ke bagian dada. Kadang ruam tersebut timbul juga di daerah wajah, mata, mulut, atau telinga.

Pengobatan

Pada penyakit herpes zoster di sarankan untuk berobat ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang adekuat. Dokter akan memberikan obat anti virus, yang bisa membantu meringankan gejala dari herpes zoster, anti virus juga dapat membuat jangka waktu penyembuhan menjadi lebih cepat.

Pengobatan antivirus tersebut harus segera di konsumsi dalam jangka waktu 72 jam saat pertama kali terasa sakit atau timbul ruam panas. Pada beberapa kondisi obat anti inflamasi juga di ikut sertakan untuk mengurangi rasa sakit dan perih pada kulit.

Herpes Simpleks

Definisi dan Gejala

Herpes simplex merupakan virus yang di tularkan  melalui hubungan seksual. Virus ini menyerang anggota tubuh bagian di kelamin atau oral. Virus herpes simpleks memiliki dua jenis tipe. Tipe pertama disebut HSV-1 (herpes simplex virus-1) yang biasanya menyerang bibir, mulut, atau gusi. Dan yang tipe ke dua disebut HSV-2 (herpes simplex virus-2)

Kemampuan virus ini juga sama seperti herpes zoster yang bisa menjadi dormant setelah infeksi yang pertama.

Pada virus HSV-2 biasanya timbul pada daerah genital. Dan bisa juga timbul di daerah mulut dikarenakan penderita melakukan oral seks. Virus ini dapat menyebar dengan mudah karena bisa terjadi efek ping-pong pada pasien yang berpasangan. Untuk mencegah hal tersebut pengobatan harus di lakukan bersama-sama oleh kedua pasangan, karena virus ini juga bisa menyebar melalui pakaian atau handuk yang di gunakan sama-sama.

Pengobatan

Dalam menangani kasus herpes, simpleks  sebenarnya bisa hilang sendiri dalam 1-2 minggu. Namun apabila tidak di obati maka akan sangat mengganggu dan masa penyembuhannya bisa menjadi lebih dari 1 minggu. Konsultasi ke dokter untuk mendapatkan antivirus. Pengobatan antivirus dapat mengurangi sakit dan dapat mempercepat penyembuhan. Dalam beberapa kondisi, pengobatan antivirus krim oles juga di perlukan, tergantung dari luas penyakit kulit.

Untuk mengurangi rasa perih, anda bisa mengompres kulit yang terasa panas dengan air hangat yang sudah di berikan antiseptik. Diharapkan dengan pengobatan antivirus yang adekuat masa penyembuhan akan lebih cepat dan tidak terjadi efek ping – pong fenomena.

Kunjungi juga referensi perawatan batu akik di SINI

Add a Comment

Your email address will not be published.