Tanda Tanda Hamil Pada Minggu Pertama

Tanda tanda hamil pada minggu pertama – Kehamilan merupakan momen momen yang mendebarkan sekaligus membuat penasaran bagi pasangan suami istri yang baru menikah. Pada trimester yang pertama atau 3 bulan awal tanda dan gejala kehamilan sering sulit diketahui secara pasti. Untuk memastikan tanda tanda kehamilan pada awal tiga bulan pertama tidak dipastikan hanya berdasarkan satu tanda atau gejala saja. Pada orang hamil pada awal bulan biasanya yang tersering adalah memiliki tanda tanda sering mual dan muntah, namun tanda tersebut masih belum bisa dijadikan patokan apakah orang yang bersangkutan hamil atau tidak. Walaupun gejala kehamilan bagi tiap individu berbeda beda.

Tanda Tanda Hamil Pada Minggu Pertama

Tanda Tanda Hamil Pada Minggu Pertama

Banyak para pasangan suami istri mengalami kesulitan dalam mendeteksi kehamilan di minggu-minggu pertama setelah berhubungan. Dalam beberapa minggu setalah berhubungan mungkin akan muncul beberapa tanda kehamilan sekunder. Pada kasus seperti ini bisa menggunakan alat yaitu urin test yang bisa dilakukan pengetesan pada pagi hari yaitu saat kencing pertama kali. Jika pada trimester pertama dan kedua yaitu antara usia kandungan antara 1 bulan sampai 6 bulan harus berhati hati dalam mengkonsumsi obat obatan. Karena jika dalam mengkonsumsi obat obatan tidak sesuai keperluan dan dosis, akan berakibat fatal pada janin.

Tak mengherankan memang, karena bagi yang awam cukup sulit untuk mengenali tanda-tanda kehamilan dan bahkan mengabaikan tanda-tanda kehamilan utama tersebut (terlambat datang bulan dan mual-mual). Untuk mempermudah mengenali dan lebih memastikan apakah hamil atau tidak, harus melihat beberapa gejala yang lain yang sebenarnya tidak sulit. Gejala tersebut dapat dilihat dari fisik dan non-fisik atau psikis. Berikut beberapa penjelasan tanda tanda hamil pada minggu pertama

Baca juga : Pantangan makanan untuk ibu hamil

Tanda hamil pada trimester pertama

Tanda awal kehamilan minggu pertama, Ciri-ciri kehamilan secara fisik dapat dilihat secara langsung. Beberapa gejala yang dapat dilihat diantaranya pendarahan implantasi, perut mual dan perubahan bentuk payudara. Satu dua gejala akan tidak terlihat secara jelas atau samar, oleh karena itu harus mengecek beberapa gejala yang lainnya. Berikut daftar beserta ulasan singkat gejala hamil minggu pertama :

Akan mengalami pendarahan / bercak darah sehari

Dilihat secara fisik, ada beberapa ciri gejala hamil minggu perama. Salah satunya adalah terjadinya pendarahan atau munculnya bercak darah yang dalam dunia medis disebut dengan implantation bleeding. Terjadinya pendarahan ringan ini diakibatkan oleh proses implantasi calon janin ke dinding rahim wanita, sehingga teradang akan muncul bercak darah atau pendarahan seperti pada saat seorang wanita mengalami siklus haid. Akan tetapi pada implantation bleeding darah yang keluar hanya sedikit.

Kadang disertai nyeri perut

Terjadinya kram perut atau perut yang terasa sangat sakit juga menjadi salah satu efek dari implantasi calon janin ke dinding rahim wanita. Hal ini akan membuat perut seorang wanita terasa sakit karena proses implantasi tersebut. Jadi biasanya wanita akan mengalami rasa sakit ini sebagai gejala hamil minggu pertama dan sampai prosesnya selesai.

Perubahan bentuk payudara

Perubahan payudara pada wanita juga menjadi salah satu tanda awal kehamilan minggu pertama. Biasanya wanita yang sedang hamil payudaranya lebih sensitif dan akan terasa kurang nyaman saat terkena bra atau tersentuh oleh tangan. Secara fisik ukuran payudara pun biasanya membesar dan lebih empuk. Perubahan hormon yang terjadi pada tubuh wanita yang sedang hamil juga menyebabkan puting terasa gatal dan membesar. Selain itu aerola juga menjadi berwarna lebih gelap atau menghitam.

Frekuensi buang air kecil meningkat

Segera setelah terjadinya implantasi, tubuh akan memproduksi hormon hCG yang akan menyebabkab frekuensi buang air kecil. Hal ini akan berkurang mulai minggu ke 12 (akhir trimester 1) kemudian akan meningkat kembali pada minggu ke 27 (akhir trimester ke 2).

Tanda tanda hamil pada minggu pertama